SMA Negeri 2 Kotabaru

Jalan Raya Stagen KM. 11

SEKOLAH ADIWIYATA BERINTEGRASI

IDUL FITRI 1441 Hijriah

Sabtu, 23 Mei 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 396 Kali

ALLAHU AKBAR 3 X.... WALILLAHIL HAMD.

Pada hari kemenangan ini tak ada kata yang lebih indah, suci dan mulia yang patut kita ucapkan kecuali" TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM, “BARAKALLAHU FIIKUM", Semoga Allah menerima amalku dan amalmu", “semoga Allah memberkahi kepada kalian".

ALLAHU AKBAR 3 X.... WALILLAHIL HAMD.

Dengan berakhirnya bulan Ramadhan yang suci dan mulia ini, kita bermohon kepada Allah agar musibah virus corona yang melanda dunia akan berakhir, karena sudah lima bulan negara kita, bahkan dunia, diuji oleh Allah dengan mewabahnya virus corona, sampai sekarang belum juga berakhir. Ini adalah ujian dan teguran bagi kita semua.

JEMAAH IDUL FITRI DI RUMAH SAJA RAHIMAKUMULLAH.

Selanjutnya bagai mana cara agar virus corona cepat berakhir?

Jawaban ada 2 cara: yaitu cara Lahiriyah dan bathiniyah.

A. Secara lahiriyah

1. Jaga kebersihan lingkungan, seperti sering membersihkan lantai, meja, atau benda-benda lain di sekitar kita, siapa tahu ada seseorang terinfeksi lalu dia batuk atau bersin sampai mengeluarkan cairan, maka segera kita bersihkan dengan air bercampur sabun.

2. Sering mencuci tangan dengan sabun, jika dikhawatirkan kita memegang benda yang tekena cairan orang terinfeksi.

Maka kita sebagai umat Islam jangan sampai batal wudhu, jika wudhu batal sunah wudhu kembali walaupun bukan mau salat, karena berwudhu mengikuti sunah rasul akan memberantas jenis kuman dan virus.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli kedokteran, ditulis dalam buku Rasulullah sang dokter, yang ditulis oleh Prof. DR. Abdul Basith Muhammah Sayyid ada halaman 68.

Bahwa ada 11 macam virus akan mati jika kita berwudhu dengan cara ISTINSYAQ (menghirup air melaui hidung) dan ISTINSYAR (Mengeluarkan dengan tangan kiri)

3. Usahakan memakai masker dan sejenisnya karena virus ini masuk melalui tiga lubang, yaitu: hidung, mata, dan mulut.

4. Usahakan bila minum air selalu dalam keadaan hangat, berkumur dengan air garam, banyak memakan vitamin E dan C, karena vitamin ini akan memperkuat daya tahan tubuh, yang sudah terinfeksi saja sudah banyak yang sudah sembuh, apa lagi yang belum terinfeksi.

5. Hindari berkerumunan apa lagi bersentuhan langsung, dikhawatirkan orang yang tersentuh dengan kita, dia sedang terinfeksi, dan jaga jarak 1,5 m.

logikanya jikalau 1,5 m, jika orang terinfeksi tersebut bersin atau batuk, maka cairan diperkirakan tidak akan sampai kepada orang di sekitarnya.

Itulah sebabnya.

B. Secara Bathiniyah

1. Bertobat atas segala dosa yang telah kita perbuat.

Kita yakin ini masih teguran Allah untuk kita.

Allah memerintahkan kita untuk segera bertobat.

Firman Allah SWT, dalam qs. At-Tahrim ayat 8:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا

Artinya: Hai orang berimam bertobatlah kalian kepada Allah, tobat yang sesungguhnya.

Ada 4 cara kita bertobat:

- Menyesal atas semua perbuatan yang telah dilakukan

- Berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi perbuatan buruk tersebut

- Minta ampun kepada Allah atas semua dosa

- Menggantikan perbuatan buruk dengan perbuatan baik.

2. Banyak berzikir

"Hasbunallah wanikmal wakil" ucapkan sebanyak banyaknya.

3. Memakan makan yang halal dan thayibah

4. Ikuti imbauan ulama dan umara’ kita, karena kita yakin mereka membuat aturan untuk menyelamatkan kita dari serangan virus corona.

Perbanyak bersedekah karena sedekah dapat menolak bencana.

5. Berdoa dan bertawakal kepada Allah (serahkan diri kepada-Nya) semoga Allah melindungi kita, karena musibah ini tidak akan terjadi jika tidak diizinkan oleh Allah sebagaimana firman Allah dalam surah At-Taghabun ayat 11:

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۗ وَمَن يُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: Tidak ada suatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

ALLAHUAKBAR 3 X WALILLAHILHAMD

Apabila semua usaha kita, baik secara lahiriyah dan bathiniyah, ternyata masih juga melanda kita dan mematikan, semoga Allah mematikan kita dalam keadaan syahid.

Sesuai dengan sabda Rasulullah, dari Abu Hurairah ra bahwasannya Rasulullah saw bersabda, “Syuhada’ (orang-orang yang mati syahid) itu ada lima, yakni orang yang mati karena terkena wabah (virus), sakit perut, tenggelam, keruntuhan bangunan, dan mati yang syahid di jalan Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

ALLAHU AKBAR 3 X.... WALILLAHIL HAMD.

Jamaah Idul Fitri di rumah saja Rahimakumullah.

Kita menginginkan hari kemenangan ini tidak hanya dirayakan oleh orang-orang kaya saja, akan tetapi orang-orang fakir-miskin juga merasakan nikmatnya hari kemenangan ini, sebagaimana yang kita rasakan pada saat ini.

Oleh karena itu mari kita luruskan pandangan kita terhadap para fakir-miskin, saudara-saudara kita yang telah hilang pekerjaan akibat dari mewabahnya virus corona yang melanda dunia saat ini dan begitu juga anak-anak terlantar, mereka semua mengharapkan uluran tangan dari kita, jangan biarkan mereka terombang-ambing dalam kesedihan yang hanya ditemani tetesan air mata, mengharapkan bantuan dari kita semua.

ALLAHU AKBAR 3 X.... WALILLAHIL HAMD.

Jamaah Idul Fitri di rumah saja Rahimakumullah.

Tiada untaian kata dan doa melainkan semoga Allah di akhir Ramadhan ini dapat mengangkat derajat kita yang setinggi-tingginya di hadapan Allah.

Dan menjadikan kita orang yang terhindar dari musibah VIRUS CORONA, dan kembali fitrah dan selamat baik di dunia maupun di akhirat.

Semoga khutbah Idul Fitri ini akan menggugah hati kita semua dan pada akhirnya dapat bermanfaat hendaknya, aamiin ya Rabbal alamin.

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Abdul Gapur, M.Pd

Para pengunjung situs yang berbahagia, kami ucapkan selamat datang di situs SMA Negeri 2 Kotabaru. Bahwasanya kami sadar sepenuhnya dalam…

Selengkapnya

KATEGORI